Senin, 07 Juli 2014

10 cara penangananketika siswa menjadi sulit diatur

10 cara penangananketika siswa menjadi sulit diatur






        penggunaan teknik belajar aktif cenderungmeminimalkan persoalan pengelolaan kelas yang acapkali menyulitkan guru yang terlalu mengandalkan metode ceramah dan diskusi dalam kelompok besar atau diskusi kelas. Jika persoalan semisal perilaku memonopoli,menyimpang dan menarik diri masih terjadi, berikut adalah cara penanganan
yang bisa anda gunakan. Ada yang cocok digunakan pada beberapa siswa,ada yang cocok digunakan pada seluruh siswa.

1.Buatlah tanda secara nonverbal.
Lakukan tatap mata dengan siswa atau dengan mendekat kepada merka ketika mereka asyik ngobrol,mengantuk,atau menghindari dari berpartisipasi. Letakkan jari anda di depan mulu(tanpa harus memolototi) untuk memberi tanda pada siswa agar berhenti ngobrol. Buat tanda"T" dengan jari anda untuk menghentikan perilaku yang tidak dikehendaki.

2.Dengarkan secara aktif.
Ketika siswa memonopoli diskusi,menyimpang dari persoalan,atau berdebat dengan anda,lakukan interupsi dan menyebutkan intisari dari pendapat mereka dan kemudian minta siswa lain berbicara.Atau anda dapat mengakui nilaiguna dari pendapat siswa atau undangmereka untuk mendiskusikannya dengan anda selama waktu istirahat.

3.Usahakan agar siswa tidak ada yang mendominasi.
Ketika siswa yang sama selalu berbicara banyak di kelas sedangkan yang lain diam,ajukan pertanyaan atau persoalan dan tanyakanlah pada beberapa banyak siswa yang bisa menjawabnya.Anda harus mencermati siapa saja yang baru sekarang mengacungkan jari. Tunjuklah salah satu dari mereka.Tehnik yang sama bisa diterapkan ketika anda berupaya mendapatkan  relawan siswa untuk bermain drama.

4.Sebutkan aturan partisipasi.
Katakan kepada siswa bahwa anda  hendak menerapkan aturan sebagai berikut :
  • tidak boleh ada yang tertawa selama bermain drama
  • hanya siswa yang belum angkat bicara yang boleh berpartisipasi
  • saling memberikan pendapat
kemukakan pendapat sendiri,bukan pendapat orang lain

5.Gunakan humor segar.
Salah satu cara mengatasi perilaku yang sulit adalah dengan memberikan humor segar kepada siswa. Namun hati-hatilah,agar jangan samapai menyinggung.Lakukan protes tanpa membentak(misalnya, "cukup....,untuk soal itu itu sampai situ saja!").Secara bergurau, rendahkan diri anda(misalnya,"sepertinya saya layak mengalami hal ini.")


6.Jalinlah hubungan pada tingkat personal.
terlepas dari siswa yang bermasalah itu bersikap memusuhi atau minder,pastikan bahwa anda melakukan pendekatan kepada mereka sewaktu istirahat. Kecil kemingkinan bahwa siswa itu akan terus menyulitkan anda atau menjaga jarak dengan anda jika anda memperlihatkan sikap penuh perhatian kepada mereka.

7.Ubahlah metode partisipasi.
Kadang anda dapat mengontrol akibat buruk yang ditimbulkan oleh siswa yang bermasalah dengan menyisipkan format baru semisal menggunakan pasangan atau kelompok kecil  ketimbang dengan aktivitas seluruh kelas.

8.Abaikan saja perilaku yang tidak begitu negatif
Jangan kelewat mempersoalkan perilaku yang tidak begitu mengganggung.Tetap jalankan pelajaran dan pastikan apakah perlu itu tidak semakin parah.

9.Rembuklah perilaku yang sangat negatif secara empat mata.
Anda mesti menghentikan perilaku yang menurut anda menganggung jalannya proses belajar-mengajar.Perintahkan dengan tegas,secara empat mata,agar siswa yang bermasalah itu mengubah perilakunya yang merugikan.Jika seluruh kelas terlibat,hentikan pelajaran dan terangkan dengan jelas apa yang perlu dilakukanoleh siswa agar pelajaran berlangsung secara efektif.

10.Jangan terlalu memasukkan ke dalam hati persoalan yang anda hadapi.
Ingat bahwa banyak sekali perilaku bermasalah yang tidak ada kaitannya dengan anda.perilakuitu disebabkan oleh ketakutan anda dan kebutuhan pribadi atau kemarahan yang dilampiaskan kepada orang lain.Perhatikan,dan apakah anda bisa mengetahui tanda-tnadanya bila perilaku semacam ini timbul dan mintalah siswa untuk mengesampingkan kondisi yang mempengaruhi keterlibatab positif mereka di dalam kelas.
wow!bisnis hebat masa kini...
baca selengkapnya di http://vzturl.com/anj69

0 komentar:

Posting Komentar