Minggu, 06 Juli 2014

Cara belajar aktif dan menarik


Cara belajar aktif dan menarik

kita dapat menceritakan sesuatu kepada siswa dengan cepat.
Namun siswa akan melupakan apa yang kita ceritakan itu dengan lebih cepat. 

mengajarkan bukan semata persoalan menceritakan! Belajar bukanlah konsekuensi otomatis ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja  siswa sendiri.penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar Aktif.
apa yang menjadikan belajar "Aktif"? 
 aga belajar menjadi aktif,siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak...mengkaji gagasan,memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus yang gesit,menyenangkan,bersemangat dan penuh gairah.Siswa bahkan sering meniggalkan tempat duduk mereka,bergerak leluasa dan berfikir keras(moving about and thinking aloud) 

lebih dari 2400 tahun silam,konfusius menyatakan:

yang saya dengar,saya lupa.
yang saya lihat,saya ingat.
yang saya kerjakan,saya pahami.

tiga pernyataan sederhana ini berbicara banyak tentang belajar aktif.

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merubah kelas yang dianggap monoton,biasa saja dan menjadi aktif efektif. semua ini bisa dilakukan agar menghindar belajar jenuh dan membosankan selama ini entah anda seorang pemula ataupun profesional hal ini cocok sekali untuk diterapkan. 

ini hal-hal yang bisa digunakan dan dipraktekkan :

1.Bertukar tempat
strategi ini memungkinkan siswa untuk lebih mengenal,berbagi pendapat dan membahas gagasan, nilai-nilai atau pemecahan masalah baru. Ini merupakan cara yang luar biasa bagus untuk meningkatkan keterbukaan-diri atau bertukar pendapat secara aktif.
prosedur:
1.berikan satu buku catatan merek apa saja.
2.mintalah mereka menulis pada buku catatan tersebut salah satu dari hal-hal berikut ini:
a.nilai-nilai yang mereka anut
b.pengalaman yang mereka dapatkan belakangan ini
c.gagasan atau solusi kreatif atas persoalan yang anda kemukakan.
d.pertanyaan yang mereka miliki tentang materi yang diajarkandi kelas.
e.pendapat mereka tentang topik yang anda pilih.
f.fakta tentang mereka sendiri dan mata pelajaran di kelas.
3.perintahkan siswa untuk melekatkan kertas catatan pada baju mereka dan berkeliling di sekitar ruang kelas untuk saling membaca catatan mereka.
4.selanjutnya,perintahkan  siswa kembali ke kelompok masing-masing dan merundingkan pertukaran catatan satu sama lain.perintahkan siswa untuk melakukan pertukaran sesering mungkin
5.perintahkan siswa kembali ke tempat masing-masing dan berbagi pengalaman tentang petukaran apa yang telah dia lakukan dan apa sebabnya.
Variasi :
A.perintahkan siswa untuk membentuk sub kelompok,bukannya bertukar catatan,dan suruhlah siswa mendiskusikan isi catatan mereka
B.perintahkan siswa untuk menempelkan catatan mereka di tempat terbuka(misalnya papan tulis,whiteboard,dsb) dan diskusikan persamaan dan perbedaannya.

2.Siapa saja yang ada di kelas
aktivitas yang terkenal ini merupakan perburuan atau pencarian teman sekelas,bukannya pencarian benda.perburuan ini bisa dirancang dalam sejumlah cara untuk  ukuran kelas sekalipun.Cara ini membantu terbentuknya semangat tim dan memungkinkan adanya gerakan fisik semenjal awal perjalanan.
prosedur :
1susunlah 6 hingga 10 pernyataan deskriptif untuk melengkapi frase :
carilah seseorang yang...
menyukai_____________
mengetahui apa itu_____________
menganggap bahwa__________
mahir dalam hal____________
telah_____________
termotivasi oleh_____________
percaya bahwa_____________
belakangan ini telah membaca buku tentang____________
berpengalaman dengan______________
tidak menyukai____________
telah mempelajari___________
memiliki usia yang baik untuk___________
menginginkan atau tidak menginginkan__________
2.bagikan pernyataan tertulis itu kepada siswa dan berikan perintah berikut ini :
kegiatan ini tidak ubahnya perburuan binatang,namun yang kalian buru adalah orang,bukan binatang.bila saya katakan "mulai" bekelilinglah ke seputar ruangan kelas untuk mencari siswa yang cocok dengan pernyataan -pernyataan tertulis yang kalian pegang. Kalian bisa menggunakan masing-masing teman untuk satu pertanyaan yang cocok,sekalipun dia cocok dengan lebih dari satu pertanyaan.bila kalian sudah menemukan yang cocok,tulislah nama depan nama teman kalian itu.

3.bila sebagian besar siswa sudah selesai,perintahkan untuk menghentikan perburuan dan kembali ke tempat duduk masing-masing.

4.Anda mungkin perlu menawarkan hadiahpenghargaan kepada yang selesai lebih dulu.

Variasi :
A.hindari persaingan dengan cara mengalokasikan cukup waktu bagi semua siswa untuk menyelesaikan perburuan mereka.
B.perintahkan siswa untuk menemui teman-temannya dan mencari tahu seberapa banyak kecocokan yang bisa didapatkan oleh setiap siswa.

3.teman yang kita miliki
kegiatan ini memperkenalkan gerak fisik dari awal pelajaran dan membantu siswa lebih mengenal satu sama lain.Kegiatan berlangsung cepat dan menyenangkan.
 prosedur:
1.BUatlah daftar kategori yang menurut anda cocok dalam kegiatan pengenalan bagi siswa yang diajar.Kategori umumnya meliputi :
-bulan  kelahiran
-orang ysng menyukai/tidak menyukai...(kenali preferensi seperti puisi,dama,ilum pengetahuan,atau komputer)
-favorit(kenali segala benda atau barang,misalnya buku,laguatau restoran cepat saji)
-tangan mana yang digunakan untuk menulis.
-kesetujuan atau ketidaksetujuan terhadap pernyataan atau opini pada persoalan aktual(misalnya "asuransi perawatan kesehatan harus bersifat menyeluruh")

2.kosongkan sebagian ruang kelas agar siswa bisa bergerak lebih bebas.

3.sebutkan kategori.Arahkan siswa untuk menempatkan secepat mungkin orang-orang yang terkait dengan kategori yang di berikan. perintahkan mereka berkumpul dengan kategori yang sama, dengan demikian akan membentuk beberapa kelompok.

4.ketika siswa telah membentuk regu yang pas,perintahkan mereka untuk berjabat tangan dengan"teman yang mereka miliki".Perintahkan untuk semua mengamati kira-kira berapa banyak orang dalam masing-masing kelompok.

5.beranjaklah segera ke kategori berikutnya.upayakan mereka untuk terus bergerak dari satu ke kelompok yang lain ketika anda mengumumkan kategori-kategori baru.
6.perintahkan mereka kembali ke tempat masing-masing. Diskusikan keragaman masing-masing soswa yang terungkap dari aktivitas itu.
Variasi :
A.perintahkan siswa untuk menempatkan seorang siswa yang berbeda dari mereka,jangan yang sama.Sebagai misal, Anda dapat meminta siswa menemukan teman yang memilikim mata/kulit/rambut yang berwarna dengan mereka.
(bilamana terdapat jumlah yang tidak sama dalam kategori yang berbeda,ijinkan lebih dari satu orang dari satu kelompok untuk membentuk regu dengan siswa dari kelompok lain)
B.Perintahkan siswa untuk mengajukan kategorinya.

dari cara-cara di atas kalian dapat mencoba salah satu tips di atas tidak usah secara langsung cukup diterapkan satu per satu.
selamat mencoba...!!! :D
baca juga hal selengkapnya di:
http://tekandisini.com/?id=rifkyhadi95.





 

0 komentar:

Posting Komentar