BAB I
PENDAHULUAN
A. Rasional
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)
tahun 2010-2014 mengamanatkan perlu
adanya
penataan kembali kurikulum yang diterapkan saat ini berdasarkan hasil evaluasi
kurikulum yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Atas dasar itu, Pemerintah
Republik Indonesia pada bulan Juli tahun ajaran 2013-2014 mencanangkan dan memberlakukan Kurikulum 2013 secara
terbatas yang merupakan hasil dari penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Hal ini
dipertegas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui kebijakannya,
bahwa Kurikulum 2013
diharapkan dapat menghasilkan insan indonesia yang produktif, kreatif,
inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang
terintegrasi. Pengembangan Kurikulum 2013 diharapkan dapat mengatasi
kelemahan-kelemahan yang ada pada kurikulum sebelumnya.
Secara teoretik keberhasilan suatu kurikulum secara
utuh memerlukan proses panjang, mulai dari kajian
dan kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal
tentang pendidikan, pengembangan desain
kurikulum, penyiapan dan penugasan pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan prasarana, penyiapan tata kelola
pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian.
Saat
ini pengembangan Kurikulum 2013 secara nasional, sudah memasuki tahap
implementasi bertahap-terbatas pada
Kelas I dan IV SD/MI,Kelas VII SMP/MTs, dan Kelas IX SMA pada sebagian kecil satuan pendidikan
dasar dan menengah di seluruh wilayah Indonesia. Pentahapan implementasi ini,
dimaksudkan untuk memperoleh informasi tingkat keterlaksanaan kurikulum dan
memberi peluang bagi penyempurnaan kurikulum secara bertahap.
Langkah
awal yang telah dilakukan dalam rangka
persiapan implementasi Kurikulum 2013 adalah melakukan Pendidikan dan Pelatihan
dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013 kepada seluruh unsur pendidikan, dalam
hal ini pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah serta unsur-unsur lain yang
terlibat langsung dalam proses pendidikan. Salah satu strategi untuk memahami dan
memantapkan implementasi Kurikulum
2013, yaitu melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Implementasi Kurikulum
2013 yang diperuntukkan bagi guru, Kepala
Sekolah dan Pengawas Sekolah.
Atas dasar itu, Diklat Implementasi Kurikulum 2013 merupakan
langkah awal
yang sangat penting untuk mempercepat pemahaman dan keterampilan dalam
mengimplementasikan kurikulum tersebut. Untuk memelihara dan meningkatkan
kesinambungan pemahaman dan implementasi Kurikulum 2013 di masing-masing satuan pendidikan, diprogramkan
kegiatan pendampingan untuk para guru dan kepala sekolah sasaran. Program
pendampingan ini dilakukan sebagai penguatan dalam memahami
konsep Kurikulum 2013 berikut perubahannya di lapangan serta untuk membantu
mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat implementasi kurikulum
tersebut di sekolah.
Khusus di wilayah Kabupaten Kutai Timur dengan
komitmen Pemerintah Kabupaten yang dimotori oleh Dnas Pendidikan melalui kerja
sama dengan LPMP Provinsi Kaltim, dan atas restu serta dorongan dari Kemdikbud
(Pemerintah Pusat), sejak tahun pelajaran 2013/ 2014, telah mengimplementasikan
Kurikulum 2013 secara menyeluruh di semua sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan
SMK. Sebagai konsekuensinya maka semua tahapan implementasi Kurikulum 2013 di
wilayah Kutai Timur telah mengikuti dan menyesuaikan dengan tahapan – tahapan
yang digariskan oleh Kemdikbud, yang salah satunya saat ini telah memasuki
tahap pendampingan di sekolah sasaran, dengan berpedoman pada Buku Pedoman dan Petunjuk Teknis Pendampingan
Implementasi
Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kemdikbud.
Sebagai salah satu guru inti, penulis telah
melaksanakan pendampingan di tiga sekolah sasaran yang penulis pilih sesuai
dengan rencana tindak lanjut pasca Diklat Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013 yang penulis ikuti. Sebagai bentuk tanggung jawab dan bahan informasi
hasil pendampingan yang penulis lakukan, maka Laporan Pelaksanaan Pendampingan
Implementasi Kurikulum 2013 ini penulis susun.
B. Tujuan
1. Tujuan Umum
Secara
umum Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk menjamin
terlaksananya implementasi Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di sekolah.
2. Tujuan khusus
Secara
khusus pendampingan memiliki tujuan sebagai berikut.
a.
Memberikan fasilitasi dalam
implementasi Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan;
b.
Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), dan pelatihan personal dan
spesifik (coaching)
untuk hal-hal spesifik dalam implementasi Kurikulum 2013 secara tatap muka dan
online;
c.
Membantu memberikan solusi kontekstual
dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi Kurikulum 2013
di sekolah masing-masing.
d.
Membangun budaya mutu sekolah melalui
penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, dan berkelanjutan.
C. Sasaran
Sebagai sasaran dalam pendampingan
Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Kutai Timur adalah semua satuan
pendidikan atau sekolah yang menjadi sasaran Implementasi Kurikulum 2013, baik
tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Namun demikian, mengingat berbagai keterbatasan
yang ada pada Penulis, makan yang Penulis pilih sebagai sekolah sasaran adalah
sebagai berikut:
1. Guru….. di SDN … sebanyak …. Orang,
yaitu:……….Guru Kelas …….
2. Guru….. di SDN … sebanyak …. Orang,
yaitu:……….Guru Kelas …….
3. Guru….. di SDN … sebanyak …. Orang,
yaitu:……….Guru Kelas …….
D. Hasil
yang diharapkan
Pada akhir program pendampingan, para guru di sekolah sasaran
diharapkan dapat menerapkan Kurikulum
2013 sesuai konsep pengelolaan pembelajaran yang diamanatkan dalam Kurikulum
2013 pada jenjang dan satuan pendidikan, yakni
sebagai berikut:
- Tersosialisasikannya Kurikulum 2013 kepada seluruh warga sekolah, mulai dari: rasional, elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL,KI dan KD dengan berbagai pendekatan sampai dengan strategi implementasi Kurikulum 2013.
- Terlaksananya Kurikulum 2013 sesuai dengan filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan prosedur yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD.
- Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan karakteristik dan tuntutan Kurikulum 2013
- Terlaksananya budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi pembelajaran inovatif sebagaimana dituntut oleh Kurikulum 2013.
- Terlaksananya pendekatan dan strategi penilaian otentik sebagaimana dipersyaratkan oleh Kurikulum 2013.
AB II
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
A. Persiapan
Persiapan
pendampingan ini telah penulis lakukan sejak selesainya penulis mengikuti
Diklat Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan atas kerja
sama Disdik Kabupaten Kutim dengan LPMP Kaltim, pada tanggal 28 Pebruari – 4
Maret 2014 di LPMP Kaltim.
Adapun berbagai kegiatan persiapan yang penulis
lakukan antara lain adalah sebagai berikut:
1. Penyusunan Rencana Tindak
Lanjut Pasca Diklat Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013.
2. Penyiapan bahan pendukung, seperti
silabus, contoh RPP, contoh proyek, contoh penilaian menggunakan portofolio,
contoh rapor, dan petunjuk pengisiannya, dll.
3. Penyiapan dan penggandaan Instrumen dan petunjuk pengisian, yang terkait dengan pemahaman umum guru
sasaran terhadap :
a. Buku teks pelajaran dan buku pedoman guru termasuk
silabus,
b.
Proses
pembelajaran dan penilaian,
c.
penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran,
d.
pelaksanaan pembelajaran,
e. pelaksanaan penilaian
4. Melakukan
pendataan tentang profil guru sasaran dan profil kelas yang akan didampingi, yang meliputi data tentang
nama guru, pangkat dan golongan, kelas, jumlah siswa, serta data lain yang
diperlukan, serta profil sekolah yang akan dikunjungi, misalnya tentang prestasi sekolah,
keunggulan sekolah serta kondisi sekolah lainnya.
B.
Pelaksanaan
Mengingat adanya
keterbatasan waktu dan jarak sekolah sasaran yang cukup jauh dari tempat
tinggal penulis, serta medan perjalanan yang cukup sulit, maka penulis baru
mampu melakukan Pendampingan Tahap I dari tiga Tahap Pendampingan yang
seharusnya dilakukan. Adapun Pendampingan tahap I yang penulis lakukan di
masing – masing sekolah sasaran selama 3 (tiga) haru dengan kegiatan – kegiatan
sebagaimana pada Tabel 1 berikut ini:
Tabel 1: Kegiatan Pelasanaan Pendampingan Implementasi
Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran.
No.
|
Kegiatan
|
Sekolah
Sasaran
|
Nama
Guru Sasaran
|
Hari/
Tanggal
|
1
|
Konsolidasi,
meliputi kegiatan – kegiatan:
a. perkenalan antarberbagai
pihak yang terlibat,
b. penyepakatan pembagian
tugas masing-masing petugas,
c. penyepakatan jadwal
kegiatan dan lokasi pertemuan, dan
d. penyepakatan perangkat
pendukung dan instrument yang harus digunakan dalam pendampingan.
|
1.
2.
3.
|
|
|
2
|
Pelaksanaan Pendampingan di
sekolah/kelas,
meliputi kegiatan – kegiatan sebagai berikut:
a.
Diskusi tentang
RPP, khususnya skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan guru sasaran.
b.
Pendamping (Kepala
Sekolah, Pengawas Sekolah, dan/atau Guru Inti Setempat) mengamati proses
pembelajaran yang berlangsung
|
1.
2.
3.
|
|
|
3
|
Refleksi,
Pemantapan,
Penyusunan Rencana
Tindak Lanjut (RTL)
pembelajaran yang dilaksanakan, yang meliputi kegiatan – kegiatan sebagai
berikut:
a.
Pendamping menyampaikan
pengalaman terpetik (best
practices) yang telah dilakukan Guru Sasaran selama mengajar serta
hal-hal lain yang masih memerlukan penyempurnaan.
b.
Merumuskan rencana
tindak lanjut pada kegiatan pembelajaran berikutnya.
|
1.
2.
3.
|
|
|
C.
Hasil [Tabulasi Perbandingan Antar Sasaran]
Dari pelaksanaan
pendampingan di tiga sekolah sasaran yang penulis lakukan, dapat punulis
paparkan hasil - hasil pendampingan sebagaimana pada Tabel 2, 3, 4, 5, dan 6 berikut
ini:
Tabel 2: Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pemahaman Guru Terhadap Buku Pedoman Guru dan
Buku Buku Siswa.
No.
|
Komponen Pemahaman Guru
|
Indikator
|
Capaian Guru
Sasaran
|
|||
Guru I
|
Guru II
|
Guru III
|
Rerata
|
|||
A.
|
Buku Pedoman Guru
|
a.
Memahami kelengkapan buku pedoman guru.
|
|
|
|
|
b.
Memahami hubungan fungsional buku pedoman guru dan buku teks pelajaran
dalam proses pembelajaran.
|
|
|
|
|
||
B.
|
Buku Siswa
|
c.
Memahami
kelengkapan buku teks pelajaran.
|
|
|
|
|
d.
Memahami hubungan
aktivitas pembelajaran dengan sumber, media/alat pembelajaran.
|
|
|
|
|
||
Jumlah Capaian
|
|
|
|
|
||
Rerata Capaian
|
|
|
|
|
Keterangan: 1 (1 – 1,4):
kurang paham, 2 (1,5 – 2,4): cukup paham, 3 (2,5 – 3,4): sudah paham, 4 (3,5 –
4): sangat paham
Berdasarkan tabel 2 di atas
menunjukkan bahwa pemahaman guru sasaran terhadap Buku Pedoman Guru dan Buku
Siswa untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1. Guru Sasaran I = ….. yang
berarti ……
2. Guru Sasaran II = ….. yang
berarti ……
3. Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari
ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..
Tabel 3: Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pemahaman Guru Terhadap Proses dan Penilaian
Pembelajaran
No.
|
Komponen Pemahaman
Guru
|
Indikator
|
Capaian Guru
Sasaran
|
|||
Guru I
|
Guru II
|
Guru III
|
Rerata
|
|||
A.
|
Penerapan
pendekatan
pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)
|
a.
Pengertian pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan).
|
|
|
|
|
b.
Karakteristik dan langkah-langkah pembelajaran saintifik
(pendekatan berbasis proses keilmuan)
|
|
|
|
|
||
c.
Ragam pembelajaran saintifik
(pendekatan berbasis proses keilmuan), seperti project-based learning,
problem-based learning, discovey learning, inquiry learning.
|
|
|
|
|
||
B.
|
Penilaian otentik
|
d.
Pengertian penilaian otentik
|
|
|
|
|
e.
Karakteristik dan langkah-langkah penilaian otentik.
|
|
|
|
|
||
f.
Ragam, proses, dan alat
penilaian otentik, seperti portofolio, tes dan nontes (skala sikap, catatan
anekdot, catatan prilaku), serta uji keterampilan.
|
|
|
|
|
||
Jumlah Capaian
|
|
|
|
|
||
Rerata Capaian
|
|
|
|
|
Keterangan: 1 (1 – 1,4):
kurang paham, 2 (1,5 – 2,4): cukup paham, 3 (2,5 – 3,4): sudah paham, 4 (3,5 –
4): sangat paham
Berdasarkan tabel 3 di atas
menunjuakkan bahwa pemahaman guru sasaran terhadap proses dan penilaian
pembelajaran untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1. Guru Sasaran I = ….. yang
berarti ……
2. Guru Sasaran II = ….. yang
berarti ……
3. Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari
ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..
Tabel 4: Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013 di Sekolah Sasaran Tentang Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP).
No
|
Komponen Pemahaman
Guru
|
Indikator
|
Capaian Guru
Sasaran
|
|||
Guru I
|
Guru II
|
Guru III
|
Rerata
|
|||
A.
|
Identitas Mata Pelajaran/tema
|
a. Terdapat :
satuan pendidikan,kelas, semester,
program/program keahlian, mata pelajaran
atau tema pelajaran, jumlah pertemuan
|
|
|
|
|
B.
|
Perumusan Indikator
|
b. Kesesuaian dengan KD, KI, dan SKL.
|
|
|
|
|
c. Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan
kompetensi yang dikembangkan.
|
|
|
|
|
||
d. Kesesuaian dengan muatan aspek pengetahuan, sikap, dan
keterampilan.
|
|
|
|
|
||
C.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
e. Kesesuaian
dengan kompetensi dasar.
|
|
|
|
|
f. Kesesuaian dengan
proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai.
|
|
|
|
|
||
D.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
g. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
h. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
||
i. Kesesuaian
dengan alokasi waktu
|
|
|
|
|
||
E.
|
Pemilihan Sumber Belajar
|
j. Kesesuaian
dengan KD dan KI
|
|
|
|
|
k.
Kesesuaian dengan
materi pembelajaran dan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan
berbasis proses keilmuan)
|
|
|
|
|
||
l.
Kesesuaian dengan
karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
||
F.
|
Pemilihan Media Belajar
|
m. Kesesuaian
dengan KD dan KI.
|
|
|
|
|
n.
Kesesuaian dengan
materi pembelajaran dan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan
berbasis proses keilmuan).
|
|
|
|
|
||
o. Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik.
|
|
|
|
|
||
G.
|
Model Pembelajaran
|
p. Kesesuaian
dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
q. Kesesuaian
dengan pendekatan
pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)
|
|
|
|
|
||
H.
|
Skenario Pembelajaran
|
r. Menampilkan
kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup dengan jelas dan proporsional.
|
|
|
|
|
s. Kesesuaian
kegiatan dengan pendekatan scientific
|
|
|
|
|
||
t. Kesesuaian
penyajian dengan sistematika materi
|
|
|
|
|
||
u. Kesesuaian
alokasi waktu dengan cakupan materi
|
|
|
|
|
||
I.
|
Penilaian
|
v. Kesesuaian
dengan teknik dan bentuk penilaian autentik
|
|
|
|
|
w. Kesesuaian dengan
dengan indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
||
x. Kesesuaian
kunci jawaban dengan soal
|
|
|
|
|
||
y. Kesesuaian
pedoman penskoran dengan soal
|
|
|
|
|
||
Jumlah Capaian
|
|
|
|
|
||
Rerata Capaian
|
|
|
|
|
Keterangan: 1 (1 – 1,4):
kurang paham, 2 (1,5 – 2,4): cukup paham, 3 (2,5 – 3,4): sudah paham, 4 (3,5 –
4): sangat paham
Berdasarkan tabel 4 di atas
menunjuakkan bahwa pemahaman guru sasaran terhadap penyusunan RPP untuk masing
– masing guru sasaran adalah:
1. Guru Sasaran I = ….. yang
berarti ……
2. Guru Sasaran II = ….. yang
berarti ……
3. Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari
ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..
Tabel 5: Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pelaksanaan Pembelajaran.
No
|
Komponen Pemahaman
Guru
|
Indikator
|
Capaian Guru
Sasaran
|
|||
Guru
I
|
Guru II
|
Guru III
|
Rerata
|
|||
A.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||||
1.
|
Apersepsi
dan Motivasi
|
a.
Mengaitkan materi
pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran
sebelumnya.
|
|
|
|
|
b.
Mengajukan
pertanyaan menantang.
|
|
|
|
|
||
c.
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
||
d.
Mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan tema.
|
|
|
|
|
||
e.
Mengecek
prilaku awal (entry behavior)
|
|
|
|
|
||
2.
|
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
|
a. Menyampaikan
kemampuan yang akan dicapai peserta
didik (interaksi KI 3 dan KI 4, yang berimplikasi pada
pengembangan KI 1 dan KI 2).
|
|
|
|
|
b. Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|
|
|
|
||
B.
|
Kegiatan Inti
|
|||||
1.
|
Penguasaan Materi Pelajaran
|
a. Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
b. Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan, perkembangan Iptek , dan
kehidupan nyata.
|
|
|
|
|
||
c. Mengelola pembahasan materi pembelajaran dan pengelaman belajar dengan
tepat.
|
|
|
|
|
||
d. Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
||
2.
|
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
|
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai.
|
|
|
|
|
b. Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi,
elaborasi dan konfirmasi.
|
|
|
|
|
||
c. Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
|
|
|
|
|
||
d. Mengelola kelas (memelihara disiplin dan suasana kelas).
|
|
|
|
|
||
e. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
|
|
|
|
|
||
f. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan
positif, sebagai dampak pengiring hasil
pembelajaran (nurturant effect atau
suasana kondusif yang tercipta dengan sendirinya (hidden curriculum).
|
|
|
|
|
||
g.
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
|
|
|
|
||
3.
|
Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan
berbasis proses keilmuan)
|
a.
Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati.
|
|
|
|
|
b. Memancing
peserta didik untuk menanya.
|
|
|
|
|
||
c. Memberikan
pertanyaan peserta didik untuk menalar
(proses berpikir yang logis dan sistematis).
|
|
|
|
|
||
d. Memfasilitasi
peserta didik untuk mencoba.
|
|
|
|
|
||
e. Menyajikan
kegiatan peserta didik untuk mengkomunikasikan.
|
|
|
|
|
||
4.
|
Penerapan
Pembelajaran Tematik Terpadu/Tematik Intramata pelajaran
(IPA/IPS di SMP), Pembelajaran berbasis mata Pelajaran
|
a.
Menyajikan
pembelajaran sesuai tema/materi pokok.
|
|
|
|
|
b.
Menyajikan
pembelajaran dengan memadukan berbagai muatan kurikulum
sesuai dengan karakteristik pembelajarannya.
|
|
|
|
|
||
c.
Menyajikan
pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.
|
|
|
|
|
||
d.
Menyajikan
pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.
|
|
|
|
|
||
5.
|
Pemanfaatan
Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
|
a.
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
pembelajaran.
|
|
|
|
|
b.
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran.
|
|
|
|
|
||
c.
Menghasilkan
pesan yang menarik.
|
|
|
|
|
||
d.
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan
sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
|
||
e.
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|
|
|
|
||
6.
|
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
a. Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dan sosial) melalui
interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|
|
|
|
b. Merespon positif partisipasi peserta didik.
|
|
|
|
|
||
c. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
|
|
|
|
|
||
d. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
|
|
|
|
|
||
e.
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.
|
|
|
|
|
||
7.
|
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
|
a.
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|
|
|
|
b.
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
||
C.
|
Penutup pembelajaran
|
|||||
|
|
a.
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|
|
|
|
b.
Memberihan
tes lisan atau tulisan.
|
|
|
|
|
||
c.
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio.
|
|
|
|
|
||
d.
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan.
|
|
|
|
|
||
Jumlah Capaian
|
|
|
|
|
||
Rerata Capaian
|
|
|
|
|
Keterangan: 1 (1 – 1,4):
kurang baik, 2 (1,5 – 2,4): cukup baik, 3 (2,5 – 3,4): sudah baik, 4 (3,5 – 4):
sangat baik.
Berdasarkan tabel 5 di atas
menunjuakkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan untuk masing –
masing guru sasaran adalah:
1. Guru Sasaran I = ….. yang
berarti ……
2. Guru Sasaran II = ….. yang
berarti ……
3. Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari
ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..
Tabel 6: Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pelaksanaan Penilaian Proses dan Hasil
Pembelajaran.
No
|
Komponen Pemahaman
Guru
|
Indikator
|
Capaian Guru
Sasaran
|
|||
Guru
I
|
Guru II
|
Guru III
|
Rerata
|
|||
A.
|
Penilaian oleh guru
|
|||||
1.
|
Penilaian penguasaan pengetahuan
|
a. Terlaksananya penilaian diakhir proses pembelajaran,
baik lisan maupun tulisan.
|
|
|
|
|
b. Tersedianya dokumen hasil penilaian penguasaan
pengetahuan.
|
|
|
|
|
||
c. Instrumen penilaian yang digunakan sesuai dengan
kaidah
|
|
|
|
|
||
d. Momentum (waktu yang paling tepat) melakukan
penilaian)
|
|
|
|
|
||
2.
|
Penilaian produk pembelajaran
|
a. Tersedianya produk hasil pembelajaran (model,
project, pemecahan masalah).
|
|
|
|
|
b. Tersedianya kumpulan hasil belajar siswa lengkap
dengan komentar dan penilaian guru dalam satu portofolio.
|
|
|
|
|
||
3.
|
Penilaian iklim pembelajaran
|
a. Terciptanya suasana atau aura pembelajaran
yang kondusif.
|
|
|
|
|
b. Terciptanya keteraturan suasana belajar
|
|
|
|
|
||
B.
|
Penilaian oleh siswa
|
|||||
|
|
a. Tercapainya indikator
perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa
|
|
|
|
|
b. Terekamnya kesan siswa
terhadap pembelajaran
|
|
|
|
|
||
c. Terekamnya semangat untuk
belajar lebih lanjut
|
|
|
|
|
||
Jumlah Capaian
|
|
|
|
|
||
Rerata Capaian
|
|
|
|
|
Keterangan: 1 (1 – 1,4): kurang baik, 2 (1,5 –
2,4): cukup baik, 3 (2,5 – 3,4): sudah baik, 4 (3,5 – 4): sangat baik.
Berdasarkan tabel 6 di atas
menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian proses dan hasil pembelajaran yang
dilakukan untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1. Guru Sasaran I = ….. yang
berarti ……
2. Guru Sasaran II = ….. yang
berarti ……
3. Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari
ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..
D.
Kendala
Berdasarkan hasil diskusi
dan wawancara dengan guru sasaran, yang menjadi kendala dalam implementasi
Kurikulum 2013 antara lain:
1.
…….
2.
……
3.
……
4.
…..
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Dari deskripsi hasil pendampingan
implementasi Kurikulum 2013 di sekolah sasaran yang penulis lakukan, dapat
diambil simpulan sebagai berikut:
1.
Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
2.
Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
3.
Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
4.
Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
5.
Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
6.
Kendala yang dihadapi guru sasaran dalam …..
B. Rekomendasi
Berdasarkan simpulan di atas, dapat
penulis rekomendasikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Kepada para guru sasaran agar dapat
…..
2. Kepada Kepala Sekolah sasaran agar
dapat…..
3. Kepada Pengawas Pembina sekolah
sasaran agar dapat ….
4. Kepada pihak Disdik Kabupaten Kutai
Timur agar dapat…..
DAFTAR PUSTAKA
Kemdikbud. 2013. Pedoman Pendampingan Implementasi Kurikulum
2013. Kemdikbud: Jakarta.
Kemdikbud. 2013. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pendampingan
Implementasi Kurikulum 2013. Kemdikbud: Jakarta.
……
0 komentar:
Posting Komentar