Rabu, 09 Juli 2014

contoh makalah pendampingan siswa



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Rasional
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2010-2014 mengamanatkan perlu adanya penataan kembali kurikulum yang diterapkan saat ini berdasarkan hasil evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Atas dasar itu, Pemerintah Republik Indonesia pada bulan Juli tahun ajaran 2013-2014 mencanangkan  dan memberlakukan Kurikulum 2013 secara terbatas yang merupakan hasil dari penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Hal ini dipertegas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui kebijakannya, bahwa Kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Pengembangan Kurikulum 2013 diharapkan dapat mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada kurikulum sebelumnya.
Secara teoretik keberhasilan suatu kurikulum secara utuh memerlukan proses panjang, mulai dari kajian dan kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, pengembangan desain kurikulum, penyiapan dan penugasan pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan prasarana, penyiapan tata kelola pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian.
Saat ini pengembangan  Kurikulum 2013 secara nasional, sudah memasuki tahap implementasi bertahap-terbatas  pada Kelas I dan IV SD/MI,Kelas VII SMP/MTs, dan Kelas  IX SMA pada sebagian kecil satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah Indonesia. Pentahapan implementasi ini, dimaksudkan untuk memperoleh informasi tingkat keterlaksanaan kurikulum dan memberi peluang bagi penyempurnaan kurikulum secara bertahap.
Langkah awal yang telah  dilakukan dalam rangka persiapan implementasi Kurikulum 2013 adalah melakukan Pendidikan dan Pelatihan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013 kepada seluruh unsur pendidikan, dalam hal ini pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah serta unsur-unsur lain yang terlibat langsung dalam proses pendidikan. Salah satu strategi untuk memahami dan memantapkan implementasi Kurikulum 2013, yaitu melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Implementasi Kurikulum 2013 yang diperuntukkan bagi guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.
Atas dasar itu, Diklat Implementasi Kurikulum 2013 merupakan  langkah awal yang sangat penting untuk mempercepat pemahaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Untuk memelihara dan meningkatkan kesinambungan pemahaman dan implementasi Kurikulum 2013 di masing-masing satuan pendidikan, diprogramkan kegiatan pendampingan untuk para guru dan kepala sekolah sasaran. Program pendampingan ini dilakukan sebagai penguatan dalam memahami konsep Kurikulum 2013 berikut perubahannya di lapangan serta untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat implementasi kurikulum tersebut di sekolah.
Khusus di wilayah Kabupaten Kutai Timur dengan komitmen Pemerintah Kabupaten yang dimotori oleh Dnas Pendidikan melalui kerja sama dengan LPMP Provinsi Kaltim, dan atas restu serta dorongan dari Kemdikbud (Pemerintah Pusat), sejak tahun pelajaran 2013/ 2014, telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara menyeluruh di semua sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Sebagai konsekuensinya maka semua tahapan implementasi Kurikulum 2013 di wilayah Kutai Timur telah mengikuti dan menyesuaikan dengan tahapan – tahapan yang digariskan oleh Kemdikbud, yang salah satunya saat ini telah memasuki tahap pendampingan di sekolah sasaran, dengan berpedoman pada Buku Pedoman dan Petunjuk Teknis Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kemdikbud.
Sebagai salah satu guru inti, penulis telah melaksanakan pendampingan di tiga sekolah sasaran yang penulis pilih sesuai dengan rencana tindak lanjut pasca Diklat Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang penulis ikuti. Sebagai bentuk tanggung jawab dan bahan informasi hasil pendampingan yang penulis lakukan, maka Laporan Pelaksanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini penulis susun.

B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
Secara umum Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk menjamin terlaksananya implementasi Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di sekolah.
2.       Tujuan khusus
Secara khusus pendampingan memiliki tujuan sebagai berikut.
a.         Memberikan fasilitasi dalam implementasi Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan;
b.        Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), dan pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam implementasi Kurikulum 2013 secara tatap muka dan online;
c.         Membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi Kurikulum 2013 di sekolah masing-masing.
d.        Membangun budaya mutu sekolah melalui penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, dan  berkelanjutan.

C.     Sasaran
Sebagai sasaran dalam pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Kutai Timur adalah semua satuan pendidikan atau sekolah yang menjadi sasaran Implementasi Kurikulum 2013, baik tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Namun demikian, mengingat berbagai keterbatasan yang ada pada Penulis, makan yang Penulis pilih sebagai sekolah sasaran adalah sebagai berikut:
1.   Guru….. di SDN … sebanyak …. Orang, yaitu:……….Guru Kelas …….
2.   Guru….. di SDN … sebanyak …. Orang, yaitu:……….Guru Kelas …….
3.   Guru….. di SDN … sebanyak …. Orang, yaitu:……….Guru Kelas …….

D.     Hasil yang diharapkan
Pada akhir program pendampingan, para guru di sekolah sasaran diharapkan dapat menerapkan Kurikulum 2013 sesuai konsep pengelolaan pembelajaran yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013  pada jenjang dan satuan pendidikan, yakni sebagai berikut:
  1. Tersosialisasikannya Kurikulum 2013 kepada seluruh warga sekolah, mulai dari: rasional, elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL,KI dan KD dengan berbagai pendekatan sampai dengan strategi implementasi Kurikulum 2013.
  2. Terlaksananya Kurikulum 2013 sesuai dengan filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan prosedur yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD.
  3. Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan karakteristik dan tuntutan Kurikulum 2013
  4. Terlaksananya budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi pembelajaran inovatif sebagaimana dituntut oleh Kurikulum 2013.
  5.  Terlaksananya pendekatan dan strategi penilaian otentik sebagaimana dipersyaratkan oleh Kurikulum 2013.





















AB  II
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN

A.     Persiapan
Persiapan pendampingan ini telah penulis lakukan sejak selesainya penulis mengikuti Diklat Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan atas kerja sama Disdik Kabupaten Kutim dengan LPMP Kaltim, pada tanggal 28 Pebruari – 4 Maret 2014 di LPMP Kaltim.
Adapun berbagai kegiatan persiapan yang penulis lakukan antara lain adalah sebagai berikut:
1.   Penyusunan Rencana Tindak Lanjut Pasca Diklat Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013.
2.   Penyiapan bahan pendukung, seperti silabus, contoh RPP, contoh proyek, contoh penilaian menggunakan portofolio, contoh rapor, dan petunjuk pengisiannya, dll.
3.   Penyiapan dan penggandaan Instrumen dan petunjuk pengisian, yang terkait dengan pemahaman umum guru sasaran terhadap :
a.   Buku teks pelajaran dan buku pedoman guru termasuk silabus,
b.   Proses pembelajaran dan penilaian,
c.   penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,
d.   pelaksanaan pembelajaran,
e.   pelaksanaan penilaian
4.  Melakukan pendataan tentang profil guru sasaran dan profil kelas yang akan didampingi, yang meliputi data tentang nama guru, pangkat dan golongan, kelas, jumlah siswa, serta data lain yang diperlukan, serta profil sekolah yang akan dikunjungi, misalnya tentang prestasi sekolah, keunggulan sekolah serta kondisi sekolah lainnya.

B.     Pelaksanaan
Mengingat adanya keterbatasan waktu dan jarak sekolah sasaran yang cukup jauh dari tempat tinggal penulis, serta medan perjalanan yang cukup sulit, maka penulis baru mampu melakukan Pendampingan Tahap I dari tiga Tahap Pendampingan yang seharusnya dilakukan. Adapun Pendampingan tahap I yang penulis lakukan di masing – masing sekolah sasaran selama 3 (tiga) haru dengan kegiatan – kegiatan sebagaimana pada Tabel 1 berikut ini:

Tabel 1:    Kegiatan Pelasanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran.
No.
Kegiatan
Sekolah Sasaran
Nama Guru Sasaran
Hari/ Tanggal
1
Konsolidasi, meliputi kegiatan – kegiatan:
a.  perkenalan antarberbagai pihak yang terlibat,
b.  penyepakatan pembagian tugas masing-masing petugas,
c.   penyepakatan jadwal kegiatan dan lokasi pertemuan, dan
d.  penyepakatan perangkat pendukung dan instrument yang harus digunakan dalam pendampingan.
1.






2.






3.


2
Pelaksanaan Pendampingan di sekolah/kelas, meliputi kegiatan – kegiatan sebagai berikut:
a.   Diskusi tentang RPP, khususnya skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan guru sasaran.
b.   Pendamping (Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan/atau Guru Inti Setempat) mengamati proses pembelajaran yang berlangsung
1.






2.






3.



3
Refleksi, Pemantapan, Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) pembelajaran yang dilaksanakan, yang meliputi kegiatan – kegiatan sebagai berikut:
a.  Pendamping menyampaikan pengalaman terpetik (best practices) yang telah dilakukan Guru Sasaran selama mengajar serta hal-hal lain yang masih memerlukan penyempurnaan.
b.  Merumuskan rencana tindak lanjut pada kegiatan pembelajaran berikutnya.
1.






2.






3.



C.     Hasil [Tabulasi Perbandingan Antar Sasaran]
Dari pelaksanaan pendampingan di tiga sekolah sasaran yang penulis lakukan, dapat punulis paparkan hasil - hasil pendampingan sebagaimana pada Tabel 2, 3, 4, 5, dan 6 berikut ini:






Tabel 2:    Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pemahaman Guru Terhadap Buku Pedoman Guru dan Buku Buku Siswa.
No.
Komponen Pemahaman Guru
Indikator
Capaian Guru Sasaran
Guru I
Guru II
Guru III
Rerata
A.
Buku Pedoman Guru
a.    Memahami kelengkapan buku pedoman guru.




b.   Memahami hubungan fungsional buku pedoman guru dan buku teks pelajaran dalam proses pembelajaran.




B.
Buku Siswa
c.    Memahami kelengkapan buku teks pelajaran.




d.   Memahami hubungan aktivitas pembelajaran dengan sumber, media/alat pembelajaran.




Jumlah Capaian




Rerata Capaian





Keterangan: 1 (1 – 1,4): kurang paham, 2 (1,5 – 2,4): cukup paham, 3 (2,5 – 3,4): sudah paham, 4 (3,5 – 4): sangat paham

Berdasarkan tabel 2 di atas menunjukkan bahwa pemahaman guru sasaran terhadap Buku Pedoman Guru dan Buku Siswa untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1.    Guru Sasaran I   = ….. yang berarti ……
2.    Guru Sasaran II  = ….. yang berarti ……
3.    Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..









Tabel 3:    Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pemahaman Guru Terhadap Proses dan Penilaian Pembelajaran
No.
Komponen Pemahaman Guru
Indikator
Capaian Guru Sasaran
Guru I
Guru II
Guru III
Rerata
A.
Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)
a.   Pengertian pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan).




b.   Karakteristik dan langkah-langkah pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)




c.   Ragam pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan), seperti project-based learning, problem-based learning, discovey learning, inquiry learning.




B.
Penilaian otentik
d.   Pengertian penilaian otentik




e.   Karakteristik dan langkah-langkah penilaian otentik.




f.    Ragam, proses, dan alat penilaian otentik, seperti portofolio, tes dan nontes (skala sikap, catatan anekdot, catatan prilaku), serta uji keterampilan.




Jumlah Capaian




Rerata Capaian





Keterangan: 1 (1 – 1,4): kurang paham, 2 (1,5 – 2,4): cukup paham, 3 (2,5 – 3,4): sudah paham, 4 (3,5 – 4): sangat paham
Berdasarkan tabel 3 di atas menunjuakkan bahwa pemahaman guru sasaran terhadap proses dan penilaian pembelajaran untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1.    Guru Sasaran I   = ….. yang berarti ……
2.    Guru Sasaran II  = ….. yang berarti ……
3.    Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..

Tabel 4:    Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran Tentang Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
No
Komponen Pemahaman Guru
Indikator
Capaian Guru Sasaran
Guru I
Guru II
Guru III
Rerata
A.
Identitas Mata Pelajaran/tema
a.   Terdapat :  satuan pendidikan,kelas, semester, program/program keahlian, mata pela­jaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan




B.
Perumusan  Indikator
b.   Kesesuaian dengan KD, KI, dan SKL.




c.   Kesesuaian penggunaan kata kerja opera­sional dengan kompetensi yang dikembangkan.




d.   Kesesuaian dengan muatan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.




C.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
e.   Kesesuaian dengan kompetensi dasar.




f.    Kesesuaian dengan  proses dan ha­sil belajar yang diharapkan dicapai.




D.
Pemilihan Materi Ajar
g.   Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




h.   Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




i.    Kesesuaian  dengan alokasi waktu





E.
Pemilihan Sumber Belajar
j.    Kesesuaian dengan KD dan KI





k.   Kesesuaian   dengan  materi pembelajaran dan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)




l.    Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




F.
Pemilihan Media Belajar
m.  Kesesuaian dengan KD dan KI.





n.   Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan).




o.   Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik.




G.
Model Pembelajaran
p.   Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




q.   Kesesuaian dengan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)




H.
Skenario  Pembelajaran
r.    Menampilkan kegiatan   pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas dan proporsional.




s.   Kesesuaian kegiatan  dengan  pendekatan scientific




t.    Kesesuaian penyajian dengan   sistematika materi




u.   Kesesuaian alokasi waktu  dengan cakupan materi




I.
Penilaian
v.   Kesesuaian dengan  teknik  dan bentuk penilaian autentik




w.  Kesesuaian  dengan  dengan indikator pencapaian kompetensi




x.   Kesesuaian kunci jawaban  dengan soal




y.   Kesesuaian pedoman penskoran  dengan soal




Jumlah Capaian




Rerata Capaian





Keterangan: 1 (1 – 1,4): kurang paham, 2 (1,5 – 2,4): cukup paham, 3 (2,5 – 3,4): sudah paham, 4 (3,5 – 4): sangat paham
Berdasarkan tabel 4 di atas menunjuakkan bahwa pemahaman guru sasaran terhadap penyusunan RPP untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1.    Guru Sasaran I   = ….. yang berarti ……
2.    Guru Sasaran II  = ….. yang berarti ……
3.    Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..

Tabel 5:    Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pelaksanaan Pembelajaran.
No
Komponen Pemahaman Guru
Indikator
Capaian Guru Sasaran
Guru
 I
Guru II
Guru III
Rerata
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Apersepsi dan Motivasi
a.   Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.




b.   Mengajukan pertanyaan menantang.




c.   Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.




d.   Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema.




e.   Mengecek prilaku awal (entry behavior)




2.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
a.   Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik (interaksi KI 3 dan KI 4, yang berimplikasi pada pengembangan KI 1 dan KI 2).




b.   Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.




B.
Kegiatan Inti
1.
Penguasaan Materi Pelajaran
a.   Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.




b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.




c.   Mengelola pembahasan materi pembelajaran dan pengelaman belajar dengan tepat.




d.   Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)




2.
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.




b.   Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.




c.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut.




d.   Mengelola kelas (memelihara disiplin dan suasana kelas).




e.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.




f.    Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif, sebagai dampak pengiring hasil pembelajaran (nurturant effect atau suasana kondusif yang tercipta dengan sendirinya (hidden curriculum).




g.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.




3.
Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)
a.   Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.




b.   Memancing peserta didik untuk  menanya.




c.   Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).




d.   Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.




e.   Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  mengkomunikasikan.




4.
Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu/Tematik Intramata pelajaran (IPA/IPS di SMP), Pembelajaran berbasis mata Pelajaran
a.   Menyajikan pembelajaran sesuai tema/materi pokok.




b.   Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai muatan kurikulum sesuai dengan karakteristik pembelajarannya.




c.   Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.




d.   Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.




5.
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.




b.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.




c.   Menghasilkan pesan yang menarik.





d.   Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.




e.   Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.





6.
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dan sosial) melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.




b.   Merespon positif partisipasi peserta didik.




c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.




d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.




e.   Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.




7.
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.




b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.




C.
Penutup pembelajaran 


a.   Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.




b.   Memberihan tes lisan atau tulisan.




c.   Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.




d.   Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.




Jumlah Capaian




Rerata Capaian





Keterangan: 1 (1 – 1,4): kurang baik, 2 (1,5 – 2,4): cukup baik, 3 (2,5 – 3,4): sudah baik, 4 (3,5 – 4): sangat baik.
Berdasarkan tabel 5 di atas menunjuakkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1.    Guru Sasaran I   = ….. yang berarti ……
2.    Guru Sasaran II  = ….. yang berarti ……
3.    Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..






Tabel 6:    Hasil Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran Tentang Pelaksanaan Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran.
No
Komponen Pemahaman Guru
Indikator
Capaian Guru Sasaran
Guru
I
Guru II
Guru III
Rerata
A.
Penilaian oleh guru
1.
Penilaian penguasaan pengetahuan
a.    Terlaksananya penilaian diakhir proses pembelajaran, baik lisan maupun tulisan.




b.    Tersedianya dokumen hasil penilaian penguasaan pengetahuan.




c.    Instrumen penilaian yang digunakan sesuai dengan kaidah




d.    Momentum (waktu yang paling tepat) melakukan penilaian)




2.
Penilaian produk pembelajaran
a.    Tersedianya produk hasil pembelajaran (model, project, pemecahan masalah).




b.    Tersedianya kumpulan hasil belajar siswa lengkap dengan komentar dan penilaian guru dalam satu portofolio.




3.
Penilaian iklim pembelajaran
a.    Terciptanya suasana atau aura pembelajaran yang kondusif.




b.    Terciptanya keteraturan suasana belajar




B.
Penilaian oleh siswa


a.    Tercapainya indikator perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa




b.    Terekamnya kesan siswa terhadap pembelajaran




c.    Terekamnya semangat untuk belajar lebih lanjut




Jumlah Capaian




Rerata Capaian





Keterangan: 1 (1 – 1,4): kurang baik, 2 (1,5 – 2,4): cukup baik, 3 (2,5 – 3,4): sudah baik, 4 (3,5 – 4): sangat baik.
Berdasarkan tabel 6 di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan untuk masing – masing guru sasaran adalah:
1. Guru Sasaran I   = ….. yang berarti ……
2. Guru Sasaran II  = ….. yang berarti ……
3. Guru Sasaran III = ….. yang berarti ……
Sedangkan rerata dari ketiga guru sasaran = …. yang berarti …..

D.     Kendala

Berdasarkan hasil diskusi dan wawancara dengan guru sasaran, yang menjadi kendala dalam implementasi Kurikulum 2013 antara lain:
1.               …….
2.               ……
3.               ……
4.               …..












BAB III
SIMPULAN DAN SARAN

A.     Simpulan

Dari deskripsi hasil pendampingan implementasi Kurikulum 2013 di sekolah sasaran yang penulis lakukan, dapat diambil simpulan sebagai berikut:
1.   Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
2.   Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
3.   Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
4.   Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
5.   Pemahaman guru sasaran terhadap …. rata – rata …..
6.   Kendala yang dihadapi guru sasaran dalam …..

B.     Rekomendasi

Berdasarkan simpulan di atas, dapat penulis rekomendasikan beberapa hal sebagai berikut:
1.   Kepada para guru sasaran agar dapat …..
2.   Kepada Kepala Sekolah sasaran agar dapat…..
3.   Kepada Pengawas Pembina sekolah sasaran agar dapat ….
4.   Kepada pihak Disdik Kabupaten Kutai Timur agar dapat…..













DAFTAR PUSTAKA

Kemdikbud. 2013. Pedoman Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Kemdikbud: Jakarta.

Kemdikbud. 2013. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Kemdikbud: Jakarta.

……

0 komentar:

Posting Komentar